Yang Lembut Mengalahkan Yang Keras

Ketika kalian disakiti, dihina saran saya diamlah bersabarlah dan tenanglah. Balaslah keburukan dengan kebaikan sebagaimana Allah SWT berfirman “Dan tidaklah sama kebaikan dan kejahatan. Tolaklah (kejahatan itu) dengan cara yang lebih baik, maka tiba-tiba orang yang antaramu dan antara dia ada permusuhan seolah-olah telah menjadi teman yang sangat setia. Sifat-sifat yang baik itu tidak dianugerahkan melainkan kepada orang-orang yang sabar dan tidak dianugerahkan melainkan kepada orang-orang yang mempunyai keuntungan yang besar.” (Q.S. Fushshilat [41]: 34-35).

"Bebanmu Akan Berat, Jiwamu harus Kuat, Tetapi Aku Percaya, Langkahmu Akan JAYA! Kuatkan Pribadimu!" -Hamka

Cerita dibawah ini akan menjadi nasihat buat saya dan semoga bermanfaat buat sahabat semua.

Seorang Guru bernama Chang Cong, sakit keras dan terlihat jelas bahwa hidupnya mendekati akhir hayatnya. Dan seorang murid bernama Lao Tzu datang mengunjunginya.

“Wahai muridku apakah kau dapat melihat lidahku ?”, kata Chang Cong, sambil menunjukkan dagunya dengan susah payah.

“Ya, Guru.”

“Sekarang Apakah kau melihat gigiku ?”

“Tidak. Tak ada gigi yang tersisa.”

“Kau tahu kenapa ?” tanya Chang Cong.

“Aku rasa,”kata Lao Tzu setelah berfikir sejenak, “lidah tetap ada karena lunak. Gigi rontok karena mereka keras. Benar tidak wahai Guru ?”

“Ya, Anakku,itulah kebijaksanaan di dunia. dan sekarang aku sudah tidak punya apa-apa lagi untuk diajarkan kepadamu.”

Dikemudian hari, Lao Tzu mengatakan, “tidak ada sesuatu pun di dunia yang selunak air. Namun, tidak ada yang mengunggulinya dalam mengalahkan yang keras. Yang lunak mengalahkan yang keras dan yang lembut mengalahkan yang kuat. Setiap orang tahu itu, tetapi sedikit saja yang mempraktikkannya.” (Shuo Yuan (Abad 1 S.M.)

Balaslah Keburukan dengan kebaikan.. OK.

Salam Perubahan
Didot Firmanto

Leave a comment

Your email address will not be published.


*