Waktuku Waktumu adalah “SAMA”

Mengejar waktu atau dikejar waktu. Hidup adalah Waktu atau waktu yang hidup. Waktukah yang berlari atau berlari dengan waktu, Bermusuhan dengan waktu atau bersahabat dengan waktu. Semua adalah pilihan sebab ini bukan sebuah cerita tentang waktu yang rusak dan terhenti yang disebabkan oleh jam yang rusak dan baterai yang habis.

“Jangan kamu dikuasai waktu tapi kuasailah waktu”, itu adalah nasihat sederhana. karena itu bukan waktu yang menentukan kita, tapi proses berfikir dan belajar yang menentukan kita seberapa besar kita kuat dan faham atas diri kita dan seberapa banyak waktu yang terlewat untuk menempa hidup kita.

"Bebanmu Akan Berat, Jiwamu harus Kuat, Tetapi Aku Percaya, Langkahmu Akan JAYA! Kuatkan Pribadimu!" -Hamka

Waktu yang akan membentuk dan menceritakan siapa dan apa kita, karena Hidup adalah proses perjalanan dari waktu ke waktu, yang mau tidak mau akan kita lalui.

Kita bisa menentukan arah di masa depan, tapi kita tidak bisa menentukan apakah punya cukup waktu untuk mencapai semua yang kita inginkan dengan mulus. Cuplikan dialog dalam film Interstellar cukup membuat saya terhenyak, “tidak ada yang aku takutkan, Aku hanya takut kehilangan waktu”.

Waktu akan meninggalkan kenangan yang terangkum dalam perjalanan kisah dan cerita. Sebab tidak ada yang abadi, kecuali ALLAH SWT dan tentu di dalam diri kita sendiri yakni berupa karya dan ilmu yang bermanfaat.

Karena itu teruslah menebar manfaat hingga akhir batas waktu, yang kita sendiripun tidak pernah tahu dan tidak bisa menentukan kapan dan dimana kita semua akan berpulang.

Salam Berkah Berlimpah

Didot Firmanto

Leave a comment

Your email address will not be published.


*