Tidak Tau atau Tidak Mau

Terkadang pikiran menggelitik bertanya, mengapa ada satu orang dalam satu organisasi yang mampu menggerakkan. Mengapa ada satu orang dalam sebuah kelompok yang dijadikan rujukan. Mengapa ada dalam satu Negara ada satu orang yang di jadikan tumpuan keputusan. Mengapa ada orang yang terkenal dan tidak terkenal. Apakah pribadinya yang hebat atau ilmunya yang hebat.

Dalam kelas seminar saya juga bertanya, apa bedanya Direktur, Manager, Security, Supir dan Cleaning Service. Terkadang saya juga bertanya apa bedanya pengusaha dan karyawan, mengapa ada orang yang uangnya banyak dan ada orang yang uangnya sedikit.

Beberapa jawaban seperti; Beda Ilmu serta pengetahuan, Beda Kompetensi, Beda Pilihan, Beda Keahlian, Beda Lingkungan dan latar belakang, Beda teman, Beda Guru, Beda Niat, Beda Keturunan sampai beda Nasib.

"Bebanmu Akan Berat, Jiwamu harus Kuat, Tetapi Aku Percaya, Langkahmu Akan JAYA! Kuatkan Pribadimu!" -Hamka

Kemudian saya lanjutkan; Apakah mungkin seorang supir taksi menjadi seorang trainer, apakah tidak bisa seorang miskin menjadi kaya, apakah tidak mungkin seorang Office Boy menjadi Manager bahkan mungkin direktur.

Sebagian besar menjawab; Bisa dan mungkin.

Apa yang membuat mereka bisa berubah : dijawab karena mereka belajar, mereka memiliki niat yang kuat untuk berubah, tidak ingin dihina, mereka berjuang untuk berhasil, mereka punya tujuan jelas sampai memiliki semangat yang kuat.

Sebenarnya tanpa ditanya pun, kita semua sudah tau jawabanya. Semua itu pilihan dan pilihan ada di tangan anda.

Bung Hatta berkata ; “Kurang Cerdas dapat diperbaiki dengan belajar. Kurang cakap (ahli) dapat dihilangkan dengan pengalaman (latihan), Namun, tidak jujur, sulit diperbaiki.”

Untuk berubah masihkah anda berkata tidak bisa dan tidak tau ataukah tidak Mau….

 

Salam Berkah Berlimpah

Balikpapan, 26 Desember 2015

Didot Firmanto

Leave a comment

Your email address will not be published.


*