RIBUAN KEBAIKAN AKAN HILANG DENGAN SATU KEBURUKAN.

Jangan hanya pandai menilai keburukan, tapi lupa pada kebaikan. Ingatlah kebaikan Istri, suami, Anak, Orang Tua, Karyawan, Guru, Pimpinan, Sahabat, serta semua orang yang terlibat dengan diri anda hingga hari ini. Bahkan kebaikan orang yang sudah tidak bersama dengan kita. Dan juga ingatlah kebaikan para musuh yang tidak suka ataupun menjatuhkan kita. ingatlah kebaikan bukan keburukan.

"Bebanmu Akan Berat, Jiwamu harus Kuat, Tetapi Aku Percaya, Langkahmu Akan JAYA! Kuatkan Pribadimu!" -Hamka

Saya teringat sebuah kisah pada zaman kerajaan dahulu ada seorang Raja yang yang akan menghukum mati seorang pejabat yang telah melakukan satu kesalahan. Hukuman mati di kerajaan tersebut sungguh tidak lazim, dimana sang terdakwa akan diberikan sebagai umpan sehingga mati dimakan Anjing Anjing besar yang Galak dan Kelaparan.

Raja memutuskan bahwa sang terdakwa akan dihukum mati tepat hari kesepuluh setelah putusan ini. Sang Mantan Pejabat sangat sedih, tapi karena ketaatannya kepada Raja dia tidak melawan. Didalam Penjara Sang Mantan Pejabat meminta kepada petugas sipir penjara untuk memberi makan sendiri Anjing Anjing Raja. Awalnya sang sipir tidak berkenan, namun sang Mantan Pejabat berkata ingin melakukan kebaikan untuk mengisi hari hari akhirnya walau kepada Anjing sekalipun.

Dan tepat hari kesepuluh hari eksekusi mati telah tiba, untuk menjadikan contoh dan pelajaran seperti biasa Raja mengumpulkan seluruh Pejabat, Petugas Kerajaan dan Rakyat untuk menyaksikan eksekusi tersebut. Eksekusi segera dimulai, Sang Raja memerintahkan petugas Penjara memasukan sang Terdakwa ke dalam kerangkeng besar yang telah disiapkan. Tidak lama kemudian Raja memerintahkan Petugas untuk memasukan segera Anjing Anjing Besar tersebut. Anjing Anjing tersebut menyalak dengan galaknya, para Undangan yang melihat anjing anjing itu berteriak histeris ketakutan.

Sang terdakwa hanya diam di dalam kerangkeng tidak bisa berbuat apa apa, setelah Anjing Anjing yang terus menyalak Galak tersebut dimasukkan kedalam kerangkeng dan bersiap menerkam sang terdakwa, tapi anehnya Tiba tiba Anjing Anjing terebut terdiam dan duduk didepan sang terdakwa dengan jinaknya.
Para hadirin dan undangan yang hadir kaget dan takjub menyaksikan hal itu, Begitu juga dengan sang Raja. Raja Pun Bangkit dari tempat duduknya dan bertanya kepada Sang Terdawa, “Apa yang telah terjadi ?, apa yang telah kamu lakukan pada Anjing Anjingku ?. Sang Terdakwapun menjawab “ Wahai Paduka, Anjing anjing ini telah aku beri makan hanya selama 9 hari, mereka mengenalku dan berterimakasih kepadaku. Sedangkan aku sudah mengabdi selama 10 tahun kepada Paduka, namun aku baru melakukan satu kesalahan namun Paduka akan menghukum mati.”

Sang Rajapun tertegun, tiba tiba sang raja tersenyum kemudian berkata, ya kamu benar, telah banyak kebaikan yang telah kamu lakukan, baiklah aku memaafkan dan mengampunimu. Aku kembalikan kehormatan dan jabatanmu, gunakan dengan Bijak dan jangan lakukan kesalahan lagi.” Sontak seluruh Undangan yang menyaksikan hal itu bersorak sorai bergembira menyaksikan Sang Mantan Pejabat dibebaskan.

Sahabat, Fokuslah Pada kebaikannya, fokuslah pada manfaatnya bukan keburukan ataupun kesalahannya.

Ingatlah kebaikannya dan ambil ilmunya.

Salam Kesadaran
didotfirmanto.com

Leave a comment

Your email address will not be published.


*