MAWAR CINTA, mawar berduri

Dalam Sesi seminar saya sering menampilkan “Bunga Mawar” biasanya para pengeran dan bidadari galau nan bujang akan menyambut dengan siualan atau gerr ataupun senyam senyumm sendiri… asiekkk….

"Bebanmu Akan Berat, Jiwamu harus Kuat, Tetapi Aku Percaya, Langkahmu Akan JAYA! Kuatkan Pribadimu!" -Hamka

Kemudian saya bertanya apa nilai serta pandangan anda tentang bunga ini.. Ada yang menjawab Wangi, harum, Indah, Romantis, Teduh, Seneng, Lambang Cinta, kasih & Sayang, Kangen, Rindu.
Dan peserta lain ada yang menjawab serem, berduri, gatel, bersemut dan hal negatif lainnya. Mmmm mungkin mereka pernah disakiti.. hi hi hi…

Oky begini.. apa yang saya tanyakan serta jawaban dari peserta adalah cermin dalam memandang kehidupan mereka secara garis besarnya. Sederhananya itulah nilai diri anda. Jika anda memandang bunga itu positif maka anda akan mudah sekali memaknai segala hal itu sesuatu hal yang positif, begitu juga sebaliknya.

Nah apa hubungan dengan diri kita, ya itu berarti kita harus fokus melihat dan menilai kelebihan kita, keindahan yang bisa kita tonjolkan baik itu potensi, nilai diri, ataupun bakat kita. Dan jika kita berparas sedang-sedang saja (bukan saya yang menilai ya …) tentu yang kita bisa tonjolkan mentality kita atau kepribadian positif seperti kejujuran, komitmen, dll. Bisa juga dari morality kita yakni hubungan kita dengan orang lain seperti perbuatan baik yang melahirkan Kebaikan, senyuman serta keramahan kita dan yang terakhir juga pastinya yang tidak boleh ditinggalkan adalah tingkat maqom sprituality kita yang bisa kita tonjolkan.

Dan sebaliknya jangan pernah menilai diri anda rendah, aku ini malas, aku ini jelek apalagi kamu, kamu itu engga beres, payah banget sih kamu, bodoh loe, aku engga bisa, aku engga mampu. Pleasee no no no.. STOP..

Contohnya begini : kita kadang suka berkata atau mendengar orang ataupun suami atau istri atau teman atau orang tua dengan kata “ih .. pelit banget sih orang itu” … itu cara negatif kalo cara positif “luar biasa orang itu dia “hemat” banget ya..mampu memperhitungkan segala sesuatunya dengan detail”. Ingat ya kata kuncinya HEMAT.

So.. ayuk mulai perbaiki untuk menilai segala sesuatu hal yang positif… jangan negatifnya, jangan kejelekannya atau segala sesuatu keburukan sifat kita. Toh buktinya banyak perempuan cantik nan jelita tapi suaminya juga engga jelek jelek amat dan gagah gagah amat. Dan ditambah lagi engga kaya kaya amat dan engga miskin miskin amat. Mereka mau karena kebaikan yang terlihat dari sang suami.

Oky..dan mulai sekarang jika masih ada yang nulis status di Facebook yang negatif seperti “lagi Galau”,”Sedih”, “Marah”, “Ih Engga Jelas”, “Pusing”,”Mumet Kepalaku”,”Cinta yang Hilang”,”Kau Menghianatiku”,”Sakit Hatiku”… sebaiknya mulai diganti dengan hal hal yang positif yang penuh dengan kebaikan, kebahagian dan cinta yang kita harapakan. Ini belum pula bahas tentang Prasangka seorang Hamba Kepada Tuhannya.

Selamat beraktifitas Sahabat dan Semoga bermanfaat untuk kehidupan dan kebahagiaan kita semua. Mohon doa agar kita semua selalu dalam Lindungan, Keberkahan, sehat, dan kebaikan untuk sesama.

Salam Kesadaran..
Didot Firmanto
@didotfirmanto

Leave a comment

Your email address will not be published.


*