Manfaat apa yang kamu berikan ???

Tiba tiba teringat pertanyaan seorang guru tentang manfaat apa yang bisa kamu berikan untuk dunia…

"Bebanmu Akan Berat, Jiwamu harus Kuat, Tetapi Aku Percaya, Langkahmu Akan JAYA! Kuatkan Pribadimu!" -Hamka

Untuk Dunia… mungkin besar sekali… tapi bukan tidak mungkin, namun jika kita rinci mulai dari skala besar sampai terkecil, wilayah pertanyaan itu akan tetap ada. Mulai dari kebermanfaatan diri untuk Dunia, Negara, suatu wilayah kepulauan, Provinsi, Kota, Perusahaaan, Agama, Lembaga Sosial, Kecamatan, Kelurahan, RT, Masyarakat, teman, Keluarga, Istri ataupun suami, Anak dan yang utama tentu untuk diri sendiri.

Jika merujuk dari wilayah tersebut sudah dimanakah kita ? bisa jadi bahkan untuk diri sendiri saja kita belum bisa memberikan manfaat. Menurut saya wilayah diri sendiri itu adalah hal awal dan yang paling sangat mendasar. Sebab diposisi itulah bertengger kekuatan pikiran, mental, moral, kebiasaan, nilai, niat dan spiritual kita diuji kemurnian dan kesuciannya.

Pertanyaan selanjutnya apakah kita termasuk orang yang selalu memberi manfaat atau selalu menerima manfaat dari orang lain. Ahh.. jadi ingat Pesan yang menggentarkan dunia yang diucapkan Bapak Negara Kita Soekarno dan juga pernah diucapkan oleh John F Kennedy “Jangan tanyakan apa yang negara dan bangsa berikan kepadamu, tapi tanyakan apa yang kamu berikan kepada negara dan bangsa ini”

#hiduppenuhmanfaat
#didotfirmanto.com
#griyastifin

Leave a comment

Your email address will not be published.


*