KOIN KEBIJAKSANAAN

Dalam seminar saya kadang bertanya, koin ada berapa sisi ?. Ada yang menjawab 2 dan ada yang 3 sisi. Kemudian saya bertanya kira kira mana yang paling benar ? kembali lagi ada yang menjawab 2 dan 3. Kemudian saya jawab “ Semua benar”, tidak ada yang salah.

Ya. Semua benar menurut pemahaman dan pikiran anda. Jika dalam berdiskusi atau rapat kemungkinan besar ada perbedaan pendapat apalagi dalam memutuskan sesuatu, yang tentu saja jika tidak didasari dengan toleransi pemahaman dan menghargai biasanya pertemuan akan terasa alot sebab lebih cenderung akan mempertahankan pendapat masing masing.

"Bebanmu Akan Berat, Jiwamu harus Kuat, Tetapi Aku Percaya, Langkahmu Akan JAYA! Kuatkan Pribadimu!" -Hamka

Untuk itu saya ingin mengajak agar kita semua tidak merasa paling benar, paling hebat, paling pintar dan paling bisa, karena ada keilmuan, pengalaman, keahlian yang harus kita sadari dari para peserta rapat dan orang orang terdekat yang kita ajak diskusi.

Belum lagi ditinjau dari sudut pandang Mesin Kecerdasan STIFIn yang membagi orang menjadi Lima, Sensing, Thingking, Intuiting, Feeling, Insting. Itu berarti ada 5 pintu berkomunikasi, bersosialisasi ataupun prilaku.

Ini sama halnya ketika saya bertanya apa pandangan anda melihat sebuah bunga mawar berserta tangkainya, ada yang menjawab Romantis dan seneng jika dikasih, ada yang menjawab indah dan bagus kalo dikasih vas bunga dan ditaruh diatas meja, ada yang menjawab harganya berapa ya, ada yang menjawab peluang bisnisnya dan untungnya berapa kalo jualan bunga, ada yang menjawab itu berbahaya dan kurang baik karena ada durinya.

Untuk yang sudah belajar STIFIn pasti akan mudah memetakan tentang pertanyaan bunga diatas. Buat anda yang belum belajar… saran saya untuk segera belajar dan anda akan menjadi lebih bijak dalam menilai Sesuatu. Amiin..

Salam Berkah Berlimpah

Balikpapan, 29,12,2015

Didot Firmanto

 

 

Leave a comment

Your email address will not be published.


*