KEPUTUSAN

Apa arti keputusan untukmu ???

Setiap hari, kita sangat dekat dengan yang namanya keputusan. Setiap saat kita harus memutuskan dan memberikan keputusan, bahkan dalam urusan makan pun kita harus memutuskan mau makan siang apa ? Dalam urusan jalan dengan keluarga pun, kita harus memutuskan mau jalan ke mana ? ke mall ? ke Mall Mana atau mau ke pantai ? Pantai Mana. Mau makan bersama dimana ? bahkan dalam urusan sholat ketika Azan berkumandang kita akan sampai dalam keputusan mau Sholat dimana, dirumah atau di Masjid yang terdekat yang akan kita lewati. Seperti saat ini ketika saya menuliskan tulisan ini Azan Magrib baru berkumandang,

dan adalah keputusan buat saya mau terus menulis atau Segera Ke Masjid setelah itu lanjut menulis lagi.

KEPUTUSAN adalah sahabat kita, karena selama kita hidup kita akan selalu bersama yang namanya keputusan, baik itu keputusan kecil maupun keputusan besar. Namun biasanya kita tidak menyadari dan menganggap tidak perlu mengambil pikiran lebih dalam jika hanya memutuskan hal-hal kecil. Dan jika harus mengambil keputusan lebih besar baru kita berfikir lebih dalam apalagi jika menyangkut urusan pribadi dan pekerjaan.

"Bebanmu Akan Berat, Jiwamu harus Kuat, Tetapi Aku Percaya, Langkahmu Akan JAYA! Kuatkan Pribadimu!" -Hamka

Menurut saya tidak ada yang namanya keputusan besar maupun kecil. Segala hal yang ada dan apa yang telah kita dapatkan serta kita miliki dan semua hal yang terjadi pada diri kita adalah jawaban dari keputusan yang kita ambil sebelumnya. Apa yang terjadi hari ini berawal dari keputusan kita, jam berapa kita bangun adalah keputusan kita, mau belajar tidaknya hari ini adalah berasal dari keputusan kita, bahkan mau ikut training atau seminar berasal dari keputusan kita. Dalam urusan Rizky juga seperti itu, dimana yang kita lakukan dan kita kerjakan berawal dari keputusan kita sebelumnya. Ilmu yang kita miliki berawal dari keputusan kita mau belajar apa pada waktu sebelumnya. Rumah yang kita tinggali sekarang terlepas itu milik sendiri atau kontrak adalah keputusan kita pada waktu itu dimana kita mau tinggal.

Salah satu keputusan terbaik saya dalam mengikuti training adalah ikut training di Akademi Trainer, saya terpancing untuk menulis salah satunya karena mengikuti Akademi Trainer yang di pandu oleh Kek Jamil. Jadi secara prinsip jika keputusan kita itu tepat dengan alasan yang tepat maka hasilnya pun akan tepat dan penuh manfaat untuk semua.

Jika kita atau orang tua kita Sakitpun bisa disebabkan karena keputusan pola makan dan minum kita yang salah. Seperti baru saja saya mendengar ada teman saya yang terkena penyakit diabetes, setelah di tanya ternyata waktu mudanya ketika bekerja dia setiap hari selalu minum minuman kaleng bersoda. Teman saya diusia yang sangat muda belum genap berusia 40 tahun baru operasi ginjal, setelah di tanya dia punya alasan yang sangat tidak masuk akal dimana dia mengatakan memang jarang minum air putih karena dia males buang air kecil.

Beberapa waktu yang lalu saya bertemu dengan salah satu pengusaha di balikpapan, dia mengatakan saya bersyukur sekali dulu saya memutuskan tidak ikut join usaha dengan salah satu pengusaha yang baru jatuh karena bisnis sektor batu bara yang sedang menghadapi ujian. Jika mungkin saya ikut pasti apa yang saya miliki ini akan hilang dan saya tidak bisa santai seperti ini. Saya bertanya kenapa bapak tidak join pada waktu itu padahal tidak ada yang tahu jika bisnis batu bara akan mengalami penurunan, hal yang membuat saya kaget dia menjawab apa yang saya miliki sudah cukup, untuk apa lagi ngoyo.

Itulah sebabnya menurut saya tidak ada keputusan besar maupun kecil, saran saya sebelum memutuskan berfikirlah terlebih dahulu sebelum bertindak, fikirkan apakah segala sesuatu dan apa yang mau kita lakukan ini baik ataukah tidak untuk kesehatan kita, agama kita, orang tua kita, bisnis kita, keluarga kita, istri dan anak kita, teman-teman kita, fikirkanlah resikonya terlebih dahulu sebelum kita memutuskan sesuatu.

Islam mengajarkan kita jika kita bingung dalam urusan besar seperti memilih jodoh, jika diterima bekerja dengan sholat Istikharah, dimana tidak akan pernah menyesal orang yang memutuskan sesuatu dengan Istikharah. Istikharah mengajarkan kita untuk tunduk dan pasrah dan memutuskan segala perkara dengan hati tenang dan jernih, hal ini agar kita dapat memutuskan dengan kebeningan hati agar petunjuk ALLAH SWT dapat kita terima.

Berdamailah dengan keputusan anda, Jadikan keputusan anda menjadi sahabat untuk anda, karena dengan keputusan yang tepat anda akan mendapatkan hasil yang tepat, ambilah keputusan yang terbaik, jangan hanya baik, tapi putuskanlah yang terbaik diantara dua kebaikan. Jika sesuatu hal yang tidak anda harapkan terjadi, hadapilah jangan sesali perbaiki keputusan anda, berfikirlah tenang dan tanamkan manfaat.

Balikpapan, 30 Mei 2015
Didot Firmanto

Leave a comment

Your email address will not be published.


*