KEBAIKAN DI ATAS WAKTU

Teringat obrolan dengan sahabat tentang niat baiknya untuk membantu keluarga jika dia sudah punya uang banyak. Saya pun bertanya apakah harus menunggu punya uang banyak baru membantu. Membantu atau berbuat baik tidak harus dengan uang banyak bukan. Diapun terdiam mencoba menelaah ?

"Bebanmu Akan Berat, Jiwamu harus Kuat, Tetapi Aku Percaya, Langkahmu Akan JAYA! Kuatkan Pribadimu!" -Hamka

Menurut anda Dimanakah kebaikan itu berdiri ? Menurut saya kebaikan itu berdiri diatas waktu.

Ya..kebaikan di atas waktu, sebab tiada yang tahu batas usia kita. Lakukanlah kebaikan sekecil apapun sesuai dengan kemampuan baik pikiran, tenaga ataupun harta. Tidak ada jaminan ketika kita kaya baru akan melakukan sebab kebaikan dibangun diatas kebiasaan.

Lakukanlah walaupun dengan separuh Qurma, lakukanlah walaupun hanya menyingkirkan paku ataupun batu di jalan. lakukanlah walaupun hanya bisa tersenyum, lakukanlah walaupun hanya dengan untaian doa yang ikhlas, lakukanlah walau penuh dengan keterbatasan sebab kebaikan adalah fitrah kebahagiaan, sebagaimana orang yang jahatpun ingin diperlakukan dengan baik. Sebagaimana seorang pencuri ingin diperlakukan baik pada korbanya.

Janganlah menyesal ketika waktu telah pergi, sebagaimana penyesalan para penghuni neraka ketika mereka meminta kepada Rabbnya “….,“Wahai Rabb kami, kami telah melihat dan mendengar, maka kembalikanlah kami ke dunia. Kami akan mengerjakan amal shaleh. Sesungguhnya kami adalah orang-orang yakin [as-Sajdah/32:12]”

Lakukanlah selagi ada waktu…kemudian turunkanlah nasihat kebaikan kepada keluarga dan keturunanmu…

Semoga kita semua selalu diberikan kekuatan untuk melakukan kebaikan kebaikan selanjutnya …Amiin

Salam kesadaran
@didotfirmanto
didotfirmanto.com

Leave a comment

Your email address will not be published.


*