JANGAN MERASA BISA TAPI BISA MERASA

Saya mendapatkan kalimat judul diatas, dari sebuah kejadian dalam Sebuah kelas training. Pada saat itu peserta training berjumlah kurang lebih 50 orang, Pihak panitia menyiapkan Konsumsi lebih sering dengan cara Prasmanan. Pada waktu istirahat makan siang atau malam, para peserta ada yang memilih makan terlebih dahulu dan ada yang sholat atau aktifitas pribadi lainnya.

Karena waktu makan yang tidak berbarengan, ada beberapa para peserta yang datangnya terakhir tidak kebagian konsumsi, seperti sayurnya atau mungkin lauknya dan ini terjadi hampir beberapa kali.

"Bebanmu Akan Berat, Jiwamu harus Kuat, Tetapi Aku Percaya, Langkahmu Akan JAYA! Kuatkan Pribadimu!" -Hamka

Seorang Nara sumber atau seorang guru yang sudah saya anggap seperti orang tua sendiri mengetahui hal tersebut , kemudian beliau berkata, kurang lebihnya seperti ini; “kita selama ini terlalu sering berada di zona merasa bisa, bukan zona bisa merasa”

Ya sangat benar sekali, selama ini kita merasa bisa mengenal pasangan kita, murid kita, anak kita, orang tua kita, guru kita, sahabat dan teman kita, karyawan kita, tetangga kita. Selama ini kita merasa paling bisa memahami mereka semua.

Tapi dengan sebuah kalimat bisa merasa, tentu ini merupakan bahan renungan untuk kita semua, pertanyaanya adalah, apakah kita selama bisa merasakan apa yang mereka rasakan dengan kata-kata kita, sikap, sifat dan tingkah laku kita.

Apakah kita bisa merasakan apa yang mereka fikirkan terhadap kita, apakah kita sudah cukup membuat orang-orang yang mengelilingi kita merasa bahagia, nyaman dan senang.

Kalimat diatas mengajarkan kita untuk berempati sepenuh hati, dan memahami lawan bicara dan bijaksana dalam setiap peristiwa. Hanya dengan sebuah kata mampu merubah keadaan, hasilnya sangat luar biasa, makanan tetap disajikan dengan cara yang sama dan pola makan yang sama dan setelah semua peserta sudah makan, makanan pasti tersisa dan tidak habis.

Semoga bermanfaat,

Terimakasih Guru…

Salam Berkah Berlimpah.

Balikpapan, 28 12 2015

Didot Firmanto

Leave a comment

Your email address will not be published.


*