JANGAN LUPAKAN SEJARAH

Allhamdulillah, walaupun telat beberapa hari akhirnya selesai juga resolusi tahun 2016, Resolusi 2016 saya bagi dalam 7 bagian, saya menyebutnya menuju proses keseimbangan hidup, yakni mulai dari Spiritual, Keluarga, Ekonomi, Sosial, Keilmuan/ Keahlian, Kesehatan, serta hiburan ataupun liburan. Do’a saya semoga ALLAH SWT memudahkan dan Ridho atas rencana dan cita-cita kita semua. Amiin… Waktu membuat resolusi ini tiba-tiba saya teringat pesan seorang Ustad “Jangan lupakan sejarah, jangan pernah lupakan sejarah”. Sebagaimana pesan Ir. Soekarno dalam pidato terakhirnya” Jangan Sekali-kali Meninggalkan Sejarah” atau lebih dikenal dengan singkatan "Jasmerah".

Kalimat itu sederhana tapi begitu membekas dihati. Hari ini dengan segala apa yang dekat dan kita miliki mulai dari harta, karya, prestasi, tahta, jabatan, profesi, pekerjaan, ilmu, berbagai urusan, hutang, Orang Tua, anak, suami, istri, teman, sahabat, karyawan, pimpinan dan bawahan sampai orang yang memusuhi kita, adalah pasti karena melewati suatu proses kejadian dimana antara satu dengan yang lainya memiliki keterkaitan.

"Bebanmu Akan Berat, Jiwamu harus Kuat, Tetapi Aku Percaya, Langkahmu Akan JAYA! Kuatkan Pribadimu!" -Hamka

Keterkaitan dan keterlibatan itulah yang tidak boleh kita lupakan, meskipun baik ataupun buruk. Karena itu di awal tahun ini saya mengajak rekan-rekan semua untuk berterimakasih atas perbuatan baik dan perbuatan buruk tersebut. Maafkan dan Doakanlah mereka semua.

Jika anda belum merasa berbuat baik kepada mereka, teruslah berusaha untuk berbuat yang terbaik, walaupun bagi mereka tidak pernah dianggap baik, pesan saya apapun yang terjadi “Balaslah keburukan dengan kebaikan”

Pasti ada hikmah dan pelajaran, Seorang guru bercerita ketika dia baru bertemu dengan orang baru dia selalu bertanya pada dirinya “pelajaran apa buat saya, yang ALLAH SWT titipkan lewat orang tersebut.

Jangan Pernah Lupakan Sejarah, Doakan semua pihak karena mereka kita lebih berhati hati, dan karena mereka kita bisa sukses dalam hidup yang singkat ini.

Salam Berkah Berlimpah

Didot Firmanto

Leave a comment

Your email address will not be published.


*