Ikhlas Tanpa Tapi

Kata orang, kita hidup harus ikhlas, agar hati kita selalu lapang dan fikiran tenang. Ketika mendapat ujian harus ikhlas sebagaimana ketika kita mendapat pujian. Bisnis mengalami kerugian juga harus Ikhlas begitu juga ketika kita untung besar.

"Bebanmu Akan Berat, Jiwamu harus Kuat, Tetapi Aku Percaya, Langkahmu Akan JAYA! Kuatkan Pribadimu!" -Hamka

Ikhlas itu seperti ketika kita mau (Maaf) bak atau bab, tanpa perlu mengingat dan bersyukur atas kenikmatan melepaskan hajat. I

khlas itu sebuah keharusan yang memang harus dijalani ketika sudah terjadi baik hasilnya buruk atau baik.

Ikhlas itu ibarat sebuah takdir yang terjadi manakala kita sudah menghindari takdir itu.

Ikhlas itu sebuah pujian dan kekuatan alami dalam diri yang terkadang kita tidak sadar akan kekuatan dan makna dari kata ikhlas.

Ikhlas itu kesyukuran dalam berbagai hal, sebagaimana orang tua yang menikahkan dan menyerahkan anak perempuannya kepada seorang laki laki pilihan putrinya yang baru dikenal Ayahnya.

Ikhlas itu sebuah cerita kehidupan yang akan dikenang dengan kebaikan yang sempurna, sampai tiba waktu orang akan datang berterimakasih ketika berjumpa dan kita lupa mengapa dia berterimakasih pada kita.

Ikhlas itu kesabaran sebagaimana orang yang kita cintai mendahului kita untuk selamanya ataupun pergi meninggalkan kita dengan pilihannya dan akan berganti dengan untaian Doa.

Ikhlas itu tanpa keluhan dan tanpa pilihan, sebab ikhlas itu adalah bentuk pengabdian akan keikhlsan itu sendiri.

Ikhlas itu adalah diam, mengalah dan merenungi dengan kesabaran dan terus bergerak dengan senyuman tanpa dendam dihati

Hanya sayang tidak semua orang memilikinya walau itu harus, mereka tidak sadar jika ikhlas itu TANPA SYARAT dan TANPA TAPI demi kehidupan sejati.

Salam Berkah Berlimpah

Didot Firmanto

Leave a comment

Your email address will not be published.


*