Dan IBLIS pun Ber DO’a”

Semoga tulisan ini dapat membuka kesadaran dan memberikan pemahaman dan menjadikan kita untuk selalu dan hanya meminta kepada ALLAH, jangan mau kalah dengan IBLIS sang pembangkang tapi mengakui KEMULIAAN ALLAH SWT, serta BERDO’A kepada ALLAH SWT, dan apa yang diminta ternyata dikabulkan ALLAH SWT.

"Bebanmu Akan Berat, Jiwamu harus Kuat, Tetapi Aku Percaya, Langkahmu Akan JAYA! Kuatkan Pribadimu!" -Hamka

Dan perlu saya ingatkan untuk selalu meminta yang baik serta bermanfaat sebab Do’a yang buruk pun bisa dikabulkan ALLAH SWT. Berikut kisah yang ingin saya tuliskan.

Setelah Allah SWT menciptakan Nabi Adam, ALLAH SWT memerintahkan kepada Malaikat beserta Jin (Iblis) untuk bersujud kepada Adam. Sebagai bentuk keta’atan kepada ALLAH SWT, Malaikatpun tunduk dan sujud menghormati Adam, kecuali Iblis yang menentang perintah ALLAH SWT tersebut.

Dan (ingatlah) ketika Kami Berfirman kepada para Malaikat:”Sujudlah kamu kepada Adam!”, maka merekapun sujud kecuali iblis; ia menolak dan menyombongkan diri, dan ia termasuk golongan yang kafir. (QS. Al-Baqarah (2), Ayat 34).

Allah pun bertanya kepada Iblis kenapa tidak mau sujud kepada Adam. Iblis pun menjawab dengan sombong bahwa ia tidak mau sujud kepada manusia yang diciptakan dari tanah, sedangkan dia merasa derajatnya lebih tinggi sebab diciptakan dari api.

Seperti yang dikisahkan dalam Al-Quran, Surah Shad ayat 71-76.

“(Ingatlah) ketika Tuhanmu berfirman kepada malaikat, “Sesungguhnya Aku akan menciptakan manusia dari tanah.” (71). “Kemudian apabila telah Aku sempurnakan kejadiannya dan Aku tiupkan roh (ciptaan)-Ku kepadanya; maka tunduklah kamu dengan bersujud kepadanya.” (72). “Lalu para malaikat itu bersujud semuanya”, (73). “kecuali Iblis; ia menyombongkan diri dan ia termasuk golongan yang kafir.(74). Allah berfirman, “Wahai Iblis, apakah yang menghalangi kamu sujud kepada yang telah Aku ciptakan dengan kedua Tangan-Ku. Apakah kamu menyombongkan diri atau kamu (merasa) termasuk golongan yang (lebih) tinggi?” (75). (Iblis) berkata, “Aku lebih baik daripadanya, karena Engkau ciptakan aku dari api, sedangkan dia Engkau ciptakan dari tanah.” (76)

Karena keingkaran dan kesombongan Iblis, Allah pun murka dan langsung mengusirnya dari surga serta mengutuknya.

“Allah berfirman, “Kalau begitu keluarlah kamu dari surga! Sesungguhnya kamu adalah makhluk yang terkutuk”. (QS. Shad 77)

Dan Iblis pun Berdoa serta meminta penangguhan kepada ALLAH SWT, sampai hari kiamat, dan IBLIS bersumpah demi KEMULIAAN ALLAH SWT untuk menyesatkan seluruh Manusia.

Dikisahkan dalam Al-Quran, Surah Shad ayat 78-85.

“Dan sungguh, kutukan-Ku tetap atasmu sampai hari pembalasan.” (78), “Iblis berkata, “Ya Tuhanku, tangguhkanlah aku sampai pada hari mereka dibangkitkan.”(79). “Allah berfirman, “Maka sesungguhnya kamu termasuk golongan yang diberi penangguhan,” (80). Sampai pada hari yang telah ditentukan waktunya (hari Kiamat).” (81). “(Iblis) menjawab, “Demi kemuliaan-Mu, pasti Aku akan menyesatkan mereka semuanya,” (82). “Kecuali hamba-hamba-Mu yang terpilih di antara mereka.” (83). “Allah berfirman, “Maka yang benar (adalah sumpah-Ku), dan hanya kebenaran itulah yang Aku katakan”. (84). “Sungguh, Aku akan memenuhi neraka Jahannam dengan kamu dan dengan orang-orang yang mengikutimu di antara mereka semuanya”. (85)

Dan ALLAH SWT pun mengabulkan Do’a Iblis.

Semoga menjadi renungan yang bermanfaat. Agar kita senantiasa selalu berdoa kepada ALLAH SWT. Serta jangan lupa pada janji ALLAH akan mengabulkan setiap Do’a yang tentu harus dibarengi Prasangka positif kepada ALLAH SWT.

Jika tulisan ini membawa manfaat dan agar hari Jum’at ini semakin baroqah silahkan di share agar nilai kebaikan dan manfaat semakin tersebar dan meluas. Semoga ALLAH SWT selalu mengabulkan Doa dan permohonan Kita semua. Amiin.

Selamat hari Jum’at, jangan lupa baca Surah AL-Khafi agar hidup semakin bercahaya dan penuh ketenangan.

oh ya jangan lupa juga pelajari waktu Firqu Point tentang waktu yang Mustajab agar doa kita semakin tajam.

Salam Kesadaran

@didotfirmanto
didotfirmanto.com

Leave a comment

Your email address will not be published.


*