100 ribu “SUDUT PANDANG”

Ketika ada pasangan atau seseorang yang ingin berkonsultasi, diawal saya pasti menjelaskan tentang konsep sudut pandang, dimana hal ini akan sangat berguna dalam pola untuk saling menghargai dan memahami.

"Bebanmu Akan Berat, Jiwamu harus Kuat, Tetapi Aku Percaya, Langkahmu Akan JAYA! Kuatkan Pribadimu!" -Hamka

Biasanya saya memperagakan dengan uang kertas 100 ribu. Kemudian saya minta untuk diarahkan satu sisi kepada pasanganya, dan saya bertanya gambar apa yang terlihat ? Gedung MPR, kemudian kepada lawan bicaranya saya bertanya, gambar apa yang anda lihat ? Ir. Soekarno dan Bung Hata. Hampir 3 x saya bertanya dan jawabanya tetap sama.

Kemudian saya bertanya, Kenapa jawabanya beda padahal sama-sama uang 100 ribu. ? ada yang jawab uangnya beda sisi, ada yang jawab aneh pertanyaanya dan ada yang menjawab beda sudut pandang.

Kira kira apa yang terjadi jika pertanyaan yang sama saya tanyakan berulang ulang ? mereka akan menjawab bisa jadi marah.

Jika saya analogikan uang adalah sebuah masalah atau hal yang harus dibicarakan dan diputuskan guna mencari sebuah solusi, kira kira yang harus dibolak balik atau dirubah uangnya atau cara pandang orang yang melihatnya. Mereka pasti akan menjawab orangnya.

Anda adalah pendidikan anda, anda adalah keahlian dan pengalaman anda, anda adalah suku dan pulau anda, anda adalah lingkungan anda dibesarkan, anda adalah didikan guru dan orang tua anda, anda adalah teman dan sahabat anda.

Kita adalah dimana kita dibentuk dan dibesarkan, kita masing masing mempunyai sudut pandang yang berbeda dalam menilai sesuatu, karena itu dalam menilai sesuatu milikilah ilmu kebijaksanaan dan teruslah belajar memahami dan mengoreksi diri atas apa yang terjadi.

Jangan pernah merasa hebat dan jangan pernah merasa benar, milikilah cinta dan kasih sayang terhadap lawan bicaramu, peluklah mereka jika ada perbedaan pendapat, hargailah dan jangan menjadi orang yang mau menang sendiri.

Salam Berkah Berlimpah.

Didot Firmanto

 

 

Leave a comment

Your email address will not be published.


*